4.28.2020

Vespa & Fashion = MODS

VESPA + FASHION = MODS

Hai.... apa kabar? semoga sehat semua. Begini ya rasanya dilanda wabah virus covid-19. udah betah benget ya di rumah ?...

btw apa kabar vespa ku di kos Jogja. Kangen banget keliling-keliling naik vespa. Apa kabar juga acara vespa di Bali pertengahan tahun ini? jadi???

Bada tahun 60-an vespa dan fashion menjadi sebuah trend yang cukup lama bertahan dan memuncak ditahun 70-an. trend tersebut di kenal dengan sebutan MODS. Awal mulanya trend mods muncul di akhir tahun 50-an. kata mods berasal dari modern/modernis. Disaat kondisi perekonomian di Inggris kurang baik saat itu mendorong para pekerja/buruh untuk tetap eksis dengan gaya busana yang necis.

THE MODS (scooters & mods in pictures) (@mahamilton1711) | Twitter

Gaya mods juga dipengaruhi dari musik rock&roll yang terkenal di Amerika serikat diadaptasi dengan gaya hip, bold dan pakaian efesien dengan warna solid. berakar pada kelompok kecil pengguna vespa yang berbasis di London akhir '50-an yang disebut modernist dikarenakan mereka mendengarkan musik Jazz modern.

Mod fashion was a statement of elegance with long hair, granny glasses. It was more people who were up for love and getting stonedCoolest 30 movies ever (from NPR - which is a US version of UK R4)

pada saat itu banyak anak muda Inggris bergaya mods dengan mengendarai vespa yang seperti hendak pergi ke pesta. dan pada saat itu mereka menjadi gila fashion yang lebih memilih beli pakain begaya dari butik daripada makanan.

scooterscene:  This looks very 70′s, I mean, look at all that Denim.

MODS tidak hanya mempengaruhi trend secara penampilan saja namun juga mempengaruhi trend life style mods. para komunitas ini sering mengadakan pertemuan di coffe shop maupun di klub malam dengan mengendarai vespa mereka.


Scooter as main means of transport

Tokoh-tokoh yang terkenal begaya mods seperti dari musik band The Beatles, Zachary Starkey (drummer The Who).
dari trend ini muncul lah komunitas-komunitas dengan berbagai ragam perbedaan alkulturasi kebudayaan, segi ekonomi dan idiologinya. namun tetap memiliki tujuan yang sama tentang fashion yang rapi, modis dan smart. 

sampai sekarang pun masih banyak yang mengikuti trend fashion mods dan gaya hidup masa itu.

No comments:

Post a Comment